Green living start from nowday

Green living start from nowday



Seiring dengan perkembangan bumi kita yang semakin ‘hangat’ akibat global warming. Selayaknya timbul rasa lebih peduli kita dalam memandang kehidupan yang berkelanjutan sejak hari ini sampai masa datang. Dan agar degradasi kualitas lingkungan dapat direduksi sehingga menjamin kehidupan di masa depan. Setiap warga dunia harus cepat-cepat merespon dan melakukan tindakan nyata dalam menjaga kualitas lingkungan menurut skala dan kemampuannya .

Pengembangan hunian baru dipastikan menimbulkan perubahan fungsi lahan diharapkan tidak membawa dampak berupa penurunan kualitas lingkungan. Penurunan kualitas lingkungan dapat dihindari bilamana pengembang juga ‘menghormati’ dan ‘menghargai’ lingkungan tempat dimana pengembang melakukan usahanya.. dan juga mengacu pada UU Nomor 23 tahun 1997 tentang Ketentuan Pokok Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Permendagri Nomor 1 tahun 2007 tentang Penataan Ruang Terbuka Hijau (RTH).







PT. Citra Kedaton adalah salah satu pengembang yang merasa memiliki kewajiban dalam menjaga kualitas lingkungan binaan yang dikembangkannya. PT.Citra Kedaton kini memosisikan sebagai pengembang yang semakin peduli dan ramah lingkungan. Pengembangan lingkungan hunian asri yang ramah dan bersahabat dengan lingkungan semakin banyak diterapkan pada produk hunian yang dikembangkan oleh PT.Citra Kedaton. Beberapa parameter “ramah lingkungan’ yang telah menjadi pertimbangan utama dan telah diterapkan oleh PT.Citra Kedaton dalam produk lingkungan hunian antara lain adalah:






Pemilihan lokasi
Pemilihan lokasi untuk lingkungan hunian selalu berdasarkan: pertama, arahan dalam RDTRK (Rencana Detail Tata Ruang Kota) yang peruntukannya untuk perumahan. kedua, tidak memilih lokasi di lahan pertanian produktif dan beririgasi teknis, tidak memilih lokasi pada kawasan resapan air dan tidakmemilih lokasi pada daerah dengan resiko bencana tinggi misal: gempa, banjir. Namun tetap strategis aksesibel dan berada pada kawasan yang dinamis dan progresif bila ditinjau dari sudut pandang investasi






Pemanfaatan lahan yang seimbang
Meskipun terletak di kawasan perkotaan dimana efesiensi dan optimalisi peruntukan lahan terbangun harus tinggi, PT. Citra Kedaton di lingkungan hunian asri Ayodhya Citra menerapkan komposisi Ruang Terbuka Hijau sebesar 40% dari total luas lahan. Ruang Terbuka Hijau meliputi open space, taman bermain terbuka (di zona publik), halaman depan rumah, halaman belakang rumah, dan area carport (di zona privat), sementara area terbangun hanya sebesar 35 % dari total luas lahan. Sisanya diamanfaatkan sebagai sirkulasi.






Pengelolaan lingkungan secara mandiri dan swadaya
Dengan jumlah sekitar 145 KK pada area kurang lebih 3 Ha (untuk saat ini, dan dimungkinkan semakin berkembang) lingkungan hunian asri Ayodhya Citra dapat mengelola lingkungannya secara swadaya dan mandiri. Biaya operasional keamanan dan kebersihan lingkungan dapat ditanggung bersama secara lebih proporsional dan ringan. Demikian juga kegiatan lingkungan sosial lain seperti arisan dapat berlangsung dengan baik. Lingkungan hunian asri Ayodhya Citra di waktu yang akan datang akan dilengkapi dengan fasilitas Ruang bersama atau tempat ibadah dan sarana olah raga.







Lingkungan hunian asri Ayodhya Citra secara bertahap akan menerapkan pemilahan sampah organik dan anorganik. Setiap kavling akan disediakan sebuah bak sampah yang berbeda untuk setiap jenis sampah. Pemilahan sampah tersebut akan dilakukan oleh petugas pengambil sampah untuk di- recycle. Sampah organik akan diolah menjadi kompos dengan komposter yang disediakan oleh PT.Citra Kedaton, sementara sampah anorganik dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku industri kreatif. Aktivitas ini didesain sebagai embrio pemberdayakan masyarakat sekitar lokasi-meski masih dalam skala yang sangat minimal-.




Penghematan sumber daya alam
Konservasi air dilakukan dengan cara :
• pembuatan sumur resapan dalam jumlah lebih dari cukup meresapkan air sebanyak-banyaknya sehingga tercipta zero run off
• Membatasi penutup tanah yang tidak meresapkan air
• Penggunaan paving block untuk jalur sirkulasi, yang relatif lebih menyerap air dibanding jenis material lain, membuat pola carport dengan menggunakan grassblock
• Reduce penggunaan air dengan kamar mandi tanpa bak-hanya menggunakan shower- dan juga penggunaan monoblok (kloset duduk) bertipe ecowasher

Reduce penggunaan kayu
Kayu sebagai sumber daya yang lambat keterbaharuannya digunakan sesedikit mungkin. Kayu hanya digunakan pada kusen dan daun jendela. Sementara rangka atap menggunakan material struktur baja ringan, demikian pula untuk rangka plafon menggunakan metal furing.






Reduce energi listrik
Dengan desain yang simpel dan sederhana ditambah jendela dan ventilasi memungkinkan mengalirnya udara secara optimal sehingga dapat mengurangi ketergantungan pada alat pengkondisi udara (AC).

Banyaknya bukaan berupa jendela yang diletakkan pada posisi yang tepat juga mengurangi ketergantungan penggunaan lampu

Penanaman pohon buah di setiap kavling dan juga di area taman dan open space

Barangkali semua yang kita upayakan saat ini baru terasa manfaatnya 5 atau bahkan 10 tahun lagi, namun bila kita tidak memulainya sejak hari ini mungkin akan muncul penyesalan di kemudian hari. Segera bergabung dengan kami.
Let’s start green living from nowday