Dinding Panel, Elemen Dekoratif Pemanis Ruangan

Dinding Panel, Elemen Dekoratif Pemanis Ruangan


KOMPAS.com - Percaya atau tidak, sebuah ruangan akan tampil lebih menarik dengan elemen dekoratif, semisal dinding yang dilengkapi panel.

Dinding merupakan elemen yang membentuk sebuah ruang. Sedangkan panel adalah sebuah bidang yang akan mengubah dinding tampil menjadi lebih menarik. Sebelumnya cat tembok merupakan solusi terakhir untuk "menghias" tampilan dinding.

Kini, dinding panel dapat menjadi salah satu solusi yang patut dipertimbangkan dalam menerapkan salah satu elemen interior, agar ruangan menjadi semakin indah dipandang dan membuat betah, dari hanya sekadar cat tembok saja.

Dinding panel dapat pula diaplikasikan ke dalam berbagai macam sudut ruang. Misalnya, di ruang keluarga, backpanel tempat tidur, foyer, atau ruang tamu. Selain mempercantik dinding, panel-panel ini juga dapat sekaligus berfungsi sebagai partisi atau pembatas antara ruang satu dengan ruang lainnya.

Materi yang digunakan sebagai dinding panel ini bisa bermacam-macam. Bila konsep rumah Anda mengambil tema minimalis, dapat digunakan panel berunsur kayu warna alami sebagai backpanel pada meja televisi atau pendukung home theater di ruang keluarga.

Cermin besar pun dapat Anda jadikan backpanel untuk mendapat kesan luas pada sebuah ruangan. Atau, bagi Anda yang senang dengan suasana rumah yang hangat, dapat memilih finishing dengan cutting sticker bercorak dan berwarna cerah sebagai backpanel di salah satu ruang favorit keluarga, misalnya di ruang makan.

Namun, bila Anda suka bereksperimen dan bermain-main dengan warna, tak ada salahnya juga bila setiap ruang Anda lengkapi dengan backpanel berbeda, disesuaikan dengan fungsi setiap ruangnya. Nah, kini ruang-ruang di rumah Anda makin cantik dan berwarna, yang tentu akan membuat betah siapapun yang menyambanginya.