FASILITAS


1. Taman
Taman adalah ruang terbuka yang bisa dipergunakan untuk kegiatan bersama. Besaran taman mengacu pada standar yang telah ditetapkan oleh Dinas Kimpraswilhub.
Jenis vegetasi dan elemen lain menyesuaikan dengan standar harga perumahan tersebut.
Pembuatan taman sudah harus dilaksanakan selambatnya sebelum masa serah terima kawasan kepada warga dan pemerintah kabupaten. Pengelolaan dan perawatan pasca serah terima bukan menjadi tanggung jawab pengembang.
2. Penerangan
Penerangan adalah titik lampu yang berada di luar kavling atau pada tiang jaringan listrik kawasan atau pada tempat-tempat lain yang diperkirakan perlu oleh pengembang yang ditujukan untuk penerangan jalan umum dan kawasan.
Jenis, tipe, dan jumlah titik lampu mengacu pada ijin yang diberikan PLN dan standar kelas perumahan.
Pengadaan penerangan jalan harus dilaksanakan selambatnya sebelum serah terima kawasan.
3. Pengelolaan satpam
Pengelolaan satpam adalah penyediaan pos satpam, rekruitmen anggota satpam, penyediaan segala perlengkapan standar, dan operasional selama 3 bulan pertama.
Pelaksanaan satpam dapat dimulai bila minimal 30% dari jumlah rumah sudah terisi atau berpenghuni, jumlah anggota satpam pada saat mulai operasional menyesuaikan dengan situasi dan kondisi. Pengelolaan satpam dan operasionalnya setelah 3 bulan menjadi tanggung jawab warga penghuni, termasuk menanggung gaji satpam dari iuran warga per kavling. Pengembang hanya membantu menambah dana operasional berdasar jumlah kavling yang masih tersisa dikalikan iuran per kavling atau sampai setara biaya operasional standar bulanan.
4. Pengelolaan sampah
Pengelolaan sampah adalah membantu penghuni dalam pembuangan sampah harian rumah tangga. Pengembang akan melibatkan warga sekitar perumahan sebagai petugas pemungut sampah. Iuran bulanan sampah tergantung pada negosiasi dengan petugas dan jumlah kavling yang terhuni (semakin banyak jumlah kavling yang terhuni semakin ringan iuran) menjadi tanggung jawab penghuni.
5. Jalan lingkungan
Jalan lingkungan adalah jalan yang berada dalam lingkungan kawasan perumahan.
Dimensi dan luas jalan mengacu pada standar Dinas Kimpraswilhub dengan jenis material penutup berupa paving block, atau aspal penetrasi, atau aspal sand sheet. Jalan lingkungan sudah harus dilaksanakan sejak masa konstruksi dan diserahterimakan kepada pemkab dan warga dalam kondisi baik menurut standar kualitas PT.Citra Kedaton.
6. Pengadaan jaringan telepon fix line dan PDAM
Pengadaan jaringan telepon fix line dan PDAM bukan merupakan fasilitas standar yang disediakan pengembang kecuali telah disebutkan dalam brosur penawaran perumahan. Pengembang dapat membantu pengadaannya bilamana secara kolektif warga menghendakinya dan secara teknis dimungkinkan. Seluruh biaya pengadaan jaringan tersebut bukan menjadi tanggung jawab pengembang.
7. Fasilitas pemakaman
PT. Citra Kedaton telah memiliki fasilitas Tanah Pemakaman seluas kurang lebih 350 m2 yang terletak di Dusun Temanggal II Desa Purwomartani Kecamatan Kalasan.
Fasilitas ini dapat dipergunakan oleh seluruh konsumen bilamana diperlukan dengan pemberitahuan kepada pengembang tanpa biaya tambahan.
8. Sosial masyarakat
Penghuni baru di perumahan diwajibkan untuk melapor kepada ketua RT setempat, dan seyogyanya sampai kepada Ketua RW dan Kepala Dusun untuk dicatat sebagai penduduk sementara.
Penghuni disarankan juga mengikuti norma sosial yang berlaku di kawasan tersebut demi terciptanya hubungan sosial yang harmonis.
Setelah seluruh atau sebagian besar kavling terhuni, konsumen disarankan untuk menunjuk seorang sebagai wakil warga untuk mempermudah komunikasi baik dengan pemerintah desa maupun dengan pengembang.
Dengan dibantu pengembang warga penghuni perumahan dapat mengajukan diri ke pemerintah desa setempat untuk membuat RT/RW mandiri yang terpisah (standar 1 RT minimal sekitar 30 kavling/KK).
9. Fasilitas lain

Fasilitas lain yang termasuk dalam penawaran perumahan, bilamana ada, dan belum tercantum disini akan dijelaskan kemudian.